Selasa, 27 Maret 2012

Tips Kesuksesan dalam Belajar

Assalamu’alaikum....

Kali ini saya akan men-share bagaimana sih tips Kesuksesan dalam Belajar terutama agar efektif dan efisien.

                Apalagi sekarang dah lagi hangat hangatnya tuh topik tentang Ujian Nasional, saya sih juga termasuk yang akan meladeni ujian itu karena saya adalah siswa SMA kelas XII.

                Mungkin banyak dari Sahabat iHalf  yang bingung, kok belum bisa ketemu metode belajar yang ces pleng . Nah, kali ini saya akan berbagi sedikit tentang teknik belajar  yang telah saya jalankan dan telah mengalami modifikasi sejak kelas 2 SD.

                Suatu teknik yang mungkin  sahabat blogger bilang ini gila dan ga masuk akal, tapi terbukti sangat manjur klo istiqomah alias kontinuitas dalam menjalankannya.

 Oke, segera kita tancap saja ke tips nya, ga usah pake lama.

Tips 1

Aturlah JADWAL HIDUPMU.

                Wah apa tuh Jadwal Hidup?? Jadwal Hidup tuh biasa dikenal dengan Jadwal Kegiatan sehari hari. Nah setiap orang tuh kan punya Jadwal yang unik, yang ga mungkin plek jiplek sama orang lain.

                Nah tapi walau begitu mungkin ada sedikit pola dari Jadwal Hidup saya yang bisa berguna.

Tinggal pakai dan sedikit modifikasi sesuai kegiatan mu masing masing.

                Oh ya sebelumnya I am Moslem. Jadwal diatas bisa dimodif sesuai situasi hidupmu . Usahakan semua teratur

Tips 2

Seimbangkan Hidupmu

Setelah tadi kita membahas tentang jadwal hidup kita, nah satu hal yang juga perlu diperhatikan adalah seimbangkan hidup kita.

Maksudnya???

  Seimbangkan antara waktu belajar ,waktu refreshing dan waktu ibadahmu.

Agar hidupmu ga kacau dan teratur plus belajar mu ga mood mood- an.

Karena jika ga seimbang maka akan ada yang keteteran nanti, dan hasil yang kita inginkan kagak maksimal. Ingatlah, bahwa kita punya kehidupan akhirat, jadi smuanya harus seimbang

Tips 3

Amazing Study

Apa maksudnya???

Maksudnya, adalah kita atur atau rancang strategi dalam belajar dan konsekuen lah untuk melaksanakannya serta ciptakan kondisi yang mendukung.

Bahwa kesuksesan itu juga butuh strategi. Nah untuk cara belajar, aku ngaturnya ,buat pelajaran yang sangat membutuhkan hitungan ato berhubungan dengan hitung menghitung seperti Fisika, Matematika ,akau pelajarin saat belajar malam. Nah klo pelajaran yang butuh hafalan ,seperti Biologi, nah itu aku pelajarin pas belajar shubuh.

Kenapa?? Karena saat shubuh tu otak kita lagi seger2nya dan itu siap on fire buat meng hafal.

Dan satu yang penting, mood atau ga mood pun usahakan belajar

Tips 4

Problem is Problem

Masalah akan menjadi masalah jika tidak diselesaikan dengan segera. Nah dalam hubungannya dengan belajar, maka jangan biarkan masalah itu sampai berlarut – larut . Karena itu akan sangat berdampak dalam keteraturan hidupmu. Aplagi saat belajar, gak bakalan ada yang masuk ilmunya. Makanya Solve your Problem

Tips 5

Exercise is Important

Nah, setelah tadi kita ngatur jam belajar plus dah belajar mati matian, nah saatnya kita latian.

Entah latian ngerjain soal di rumah, Ujian, Ulangan, Ngajarin ilmu ke orang lain, ato hal2 yang lain.

Jangan biarkan Ilmu mu tu statis di otakmu. Biarkan itu tersebar. Nah ilutrasinya kaya gini:

Bedanya Harta sama Ilmu :

1.       Harta dijaga oleh pemiliknya, sedang Ilmu menjaga pemiliknya

2.       Harta itu Limited, Ilmu itu Unlimited (Asalkan kita mau mengamalkan dan ngajarin ilmu itu)

3.       Harta itu bisa dicuri, tapi ilmu enggak bakal bisa dicuri

4.       Harta ga bisa menghasilkan Ilmu, tapi Ilmu bisa menghasilkan harta

Jadi, ayo latian, amalkan, ajarkan Ilmu itu, Ok.

                                             
Tips 6

Siapkan Mental dan Update Selalu Motivasimu

Nah, hal ini juga penting karena mental bajamu dan motivasi kuat mu akan turut mendukung kesuksesan hidupmu. Nah teruslah asah mental Juaramu , dan jangan pernah takut dengan tantangan. Bersiaplah jadi juara, dan ingatlah bahwa semuanya itu mungkin asalkan kita mau berusaha

Allah SWT berfirman, yang artinya:

“...Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri....” ( Q.S. Ar- Ra’d : 11 )

Dari Abu Hurairah r.a. dari Rasulullah s.a.w., sabdanya: "Allah Azzawajalla berfirman -dalam hadits Qudsi-: "Aku adalah menurut sangkaan hambaKu dan Aku akan selalu besertanya selama ia mengingat padaKu. Demi Allah, sesungguhnya Allah itu lebih gembira kepada taubatnya seorang hambaNya daripada seorang diantara engkau semua yang menemukan sesuatu bendanya yang telah hilang di padang yang luas. Barangsiapa yang mendekat padaKu dalam jarak sejengkal, maka Aku mendekat padanya dalam jarak sehasta dan barangsiapa yang mendekat padaKu dalam jarak sehasta, maka Aku mendekat padanya dalam jarak sedepa. Jikalau hambaKu itu mendatangi Aku dengan berjalan, maka Aku mendatanginya dengan bergegas-gegas." (Muttafaq 'alaih) Ini disebutkan dalam salah satu riwayat Imam Muslim. Tentang sejarahnya sudah diuraikan di muka dalam bab yang sebelum ini -lihat hadits no.412-. Diriwayatkan pula dalam kedua kitab shahih "wa ana ma'ahu bina yadzkuruni", dengan nun, sedang dalam riwayat di atas dengan kata haitsu dengan menggunakan tsa'. Keduanya adalah shahih

Related Posts Plugin for 
WordPress, Blogger...