Kamis, 21 Maret 2013

Pipi Chubby, Penyebab & Cara Membuatnya Lebih Tirus

imgJakarta - Pipi yang tembem atau chubby kadang bisa membuat seseorang tidak percaya diri karena terlihat lebih gemuk. Ada beberapa faktor penyebab pipi chubby; faktor genetik, penuaan, ketidakmampuan kulit melawan gravitasi, hormonal serta penumpukan lemak dan air.

"Bisa karena perempuan menstruasi, itu sebenarnya karena hormonal menyebabkan katan air di tubuhnya banyak. Jadi kelihatan chubby. Ada juga yang memang karena lemak. Biasanya karena banyak makan dan tidak olahraga jadinya kelebihan energi. Bisa juga karena penggunaan obat. Mungkin dia tadinya kurus tapi ingin gemuk dengan minum obat untuk menggemukkan," jelas pakar gizi Prof. Dr. Hardinsyah, MS, saat berbincang dengan wolipop di bilangan Sudirman, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Selain karena faktor genetik, pipi chubby sebenarnya bisa dihilangkan tanpa harus operasi plastik atau penyedotan lemak. Bahkan, sedot lemak di area pipi tidak dianjurkan karena pemulihannya cukup lama.

"Kalau saya tidak menyarankan. Karena itu kan di wajah, jadi bekas-bekas operasi dan bengkaknya kelihatan. Kalau di perut bisa ditutupi baju. Tapi kalau di wajah? Bisa tidak dia off kerja seminggu untuk pemulihan?" ujar Hardinsyah.

Lalu, apa cara yang tepat dan aman untuk hilangkan atau 'merampingkan' pipi tembem? Ini dia caranya, seperti dikutip dari Facial Exercises Guide.

1. Latihan Fisik
Kardio merupakan olahraga yang bisa membantu mengurangi lemak pada area pipi. Lihat juga apakah pipi chubby Anda juga disebabkan karena berat tubuh berlebih. Jika itu masalahnya, maka Anda perlu melakukan program penurunan berat badan. Sempatkan untuk berlatih aerobik setiap hari. Bila Anda pemilik tubuh kurus dengan pipi tembem, coba lakukan jogging atau jalan cepat selama 30 menit. Lakukan langkah ini setiap hari untuk melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Senam Wajah
Perlu diingat, kombinasi antara latihan fisik dan senam wajah sangat penting untuk membuat pipi chubby lebih tirus. Kombinasikan senam aerobik dengan senam wajah untuk dapatkan hasil maksimal. Untuk yang bertubuh gemuk atau kurus, lakukan senam wajah 15 menit sehari. Tapi tidak hanya itu saja, bila Anda mendambakan pipi yang sedikit tirus, lakukan peregangan dan pergerakan pada otot tulang pipi (otot yang membuat pipi tampak membulat saat tersenyum).

3. Jaga Asupan Makanan
Selain olahraga, Anda juga harus menjaga asupan makanan. Kurangi konsumsi garam, karena kandungan garam yang tinggi pada tubuh akan membuat wajah tampak bengkak. Hindari juga makanan atau minuman mengandung banyak susu, minyak dan lemak. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3, buah dan sayuran segar. Makanan ini akan membantu memperbaiki kerusakan tubuh akibat stres dan mencukupi kebutuhan nutrisi untuk membangun otot wajah serta meningkatkan produksi kolagen.

Selain itu, enzim yang terdapat pada buah dan sayuran mentah juga akan mendistribusikan lemak, protein dan karbohidrat ke organ-organ tubuh yang tepat dan membutuhkannya. Bukan menyimpan sehingga menjadi tumpukan lemak dan air.

Related Posts Plugin for 
WordPress, Blogger...